28/06/15

Profil Angklung Panda

              Angklung Panda atau yang lebih dikenal dengan Panda Gumiwang berdiri pada tanggal 7 November 2008. Nama Panda sendiri adalah singkatan dari Paduan Angklung Arumba SMA Pasundan 2 Bandung. Kita adalah sebuah komunitas pemain angklung dan arumba yang berdomisili di SMA Pasundan 2 Bandung. Jl. Cihampelas no 167.

Dalam satu tim angklung biasanya terdiri dari -+ 35 pemain. Kita biasanya perfom di berbagai acara dari mulai untuk umum sampai acara kepemerintahan. Lagu yang kita mainkanpun beragam dari mulai lagu lagu daerah, nasional, bahkan dangdut sampai dengan lagu lagu barat beraliran pop sampai clasic. 

Mau tau lebih lanjut tentang kita ? Bisa cek di menu blog kita ya disitu ada schedule dan kegiatan kita. Bagi kalian yang berminat dengan angklung kita untuk suatu acara atau ada interview bisa kontak kita ke manager kita nih namanya Kang ady 081320042420 atau ke twitter kita @Pandapas2 see you :)



Ada sedikit informasi nih mengenai Angklung & Arumba

               Angklung adalah alat musik multitonal (bernada ganda) yang secara tradisional berkembang dalam masyarakat Sunda di Pulau Jawa bagian barat. Alat musik ini dibuat dari bambu, dibunyikan dengan cara digoyangkan (bunyi disebabkan oleh benturan badan pipa bambu) sehingga menghasilkan bunyi yang bergetar dalam susunan nada 2, 3, sampai 4 nada dalam setiap ukuran, baik besar maupun kecil.

Angklung Juga banyak macam nya loh, Nah Angklung yang kita pakai adalah Angklung Padaeng.
              Angklung padaeng adalah angklung yang dikenalkan oleh Daeng Soetigna sejak sekitar tahun 1938. Terobosan pada angklung padaeng adalah digunakannya laras nadaDiatonik yang sesuai dengan sistem musik barat. Dengan demikian, angklung kini dapat memainkan lagu-lagu internasional, dan juga dapat bermain dalam Ensembel dengan alat musik internasional lainnya.
Itu tadi sedikit informasi mengenai angklung. Nah, kalo arumba itu apa sih? ....       Arumba adalah ensemble musik dari berbagai alat musik yang terbuat dari bambu. Arumba lahir sekitar tahun 1960-an di Jawa Barat Indonesia, saat ini menjadi alat musik khas Jawa Barat. Arumba termasuk ensembel berarti termasuk seni musik. Susunan alat musiknya itu ada Angklung solo,Gambang Melodi, Gambang pengiring, Bass lodong, dan Gendang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar